Berita
Ciri-ciri Pembelajaran Projek
Ruang Artikel 2023-05-05 | 15:25:00
PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, pembelajaran projek (project based learning) adalah pembelajaran yang dilakukan dengan mengutamakan partisipasi aktif, menjelajah yang berdasarkan minat dan pertanyaan anak serta mendorong proses penyelidikan dan penemuan.
Pembelajaran berbasis projek dirancang untuk permasalahan kompleks yang diperlukan peserta didik dalam melakukan penyelidikan, lalu memahaminya. Penyelidikan ini dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun/pemantik dan membimbing peserta didik dalam sebuah proyek kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
Berikut adalah ciri-ciri pembelajaran projek:
- Menempatkan anak dalam suatu pembelajaran yang konkrit/nyata dan menghasilkan hasil/solusi penting
- Pembelajaran projek dicirikan dengan anak mengalami pengalaman langsung saat pembelajaran
- Anak terlibat langsung dari awal hingga akhir
- Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan fleksibel
- Memungkinkan siswa bekerja relatif mandiri dalam waktu yang lama
- Melibatkan kerja tim, berpikir kritis, keterampilan memecahkan masalah.
Pembelajaran projek dapat mengembangkan kemampuan anak-anak untuk mengidentifikasi masalah, menyelesaikan masalah, menciptakan karya, dan bekerja dalam tim akan meningkat. Selain itu, pembelajaran ini juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan abad 21 dengan mempromosikan pemikiran kritis serta pemecahan masalah, komunikasi antar pribadi, literasi dan kerja sama, kepemimpinan, inovasi, dan kreativitas.
Pada saat menerapkan pendekatan ini, guru harus memiliki pengetahuan tentang kurikulum dan bagaimana menerapkan pengetahuan tersebut melalui pembelajaran projek di dalam kelas. Guru juga harus mampu memberikan ruang kepada peserta didik dalam memahami konsep materi dengan mengaitkannya dengan pengalaman dan budaya peserta didik.
Penulis : Ifina Trimuliana
Kurator : Dona Paramita
Referensi
Häkkinen, P., Järvelä, S., Mäkitalo-Siegl, K., Ahonen, A., Näykki, P., & Valtonen, T. (2017). Preparing Teacher-Students For Twenty-First-Century Learning Practices (PREP 21): A Framework For Enhancing Collaborative Problem-Solving And Strategic Learning Skills. Teachers And Teaching: Theory And Practice, 23(1), 25–41. Https://Doi.Org/10.1080/13540602.2016.1203772
Halawa, E. S. (2021). Penerapan Model Project-Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Anak Usia Dini Melalui Media Komik Di Ii Sd Negeri 071057 Hiliweto Gido. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 201–208. Https://Doi.Org/10.31004/Jrpp.V4i1.1939
Nguyen Thi Bich Ngoc, B. D. T. (2022). Difficulties In Implementing A Project-Based Course Of The Third-Year English Major Students At A University In Vietnam Khó Khăn Trong Thự C Hi Ệ N M Ộ T Khóa H Ọ C D Ự Án C Ủa Sinh Viên Năm Thứ 3 Chuyên Ngành Ti Ế NG ANH The 21st Century Witnesses The Em. 227(04), 153–161.
Noseda, M. (2020). Self-Efficacy In Preservice Teachers Preparing To Teach Religious Education. Journal Of Religious Education, 68(1), 73–90. Https://Doi.Org/10.1007/S40839-020-00093-8
Ong, E. T., Ayob, A., Ibrahim, M. N., Adnan, M., Shariff, J., & Ishak, N. (2016). The Effectiveness Of An In-Service Training Of Early Childhood Teachers On Stem Integration Through Project-Based Inquiry Learning (PIL). Journal Of Turkish Science Education, 13(Specialissue), 44–58. Https://Doi.Org/10.12973/Tused.10170a
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan Dan Peluang Penerapannya Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 93–104. Https://Doi.Org/10.24832/Jpnk.V7i2.2888