Berita
Motivasi Wujudkan PAUD Berkualitas Meningkat, 183.453 Satuan PAUD Telah Mengikuti Sulingjar Siap Manfaatkan Rapor Pendidikan PAUD Tingkatkan Kualitas
Berita 2024-04-04 | 15:20:00
PAUDPEDIA — Sebanyak 183.453 satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) atau lebih dari 90% satuan PAUD telah mengikuti Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) PAUD pada tahun 2023. Tingginya partisipasi dalam Sulingjar PAUD ini menggambarkan tingginya motivasi satuan PAUD kita untuk bergerak mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas.
Demikian benang merah Webinar Identifikasi dan Refleksi dengan Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Layanan Pendidikan Anak Usia Dini yang menampilkan pembicara Direktur PAUD, Komalasari, Yahya Ado dari PAUD Alam, Kupang, NTTdan Dina Fajriah dari TK ITvSyeikh Abdurrauf, Banda Aceh.
Pada tahun 2024, satuan PAUD yang berpartisipasi dalam Survei Lingkungan Belajar PAUD (Sulingjar) tidak lagi perlu menggunakan Lembar Evaluasi Diri Satuan (EDS) untuk perencanaan berbasis data. Hal ini disebabkan karena telah tersedia profil satuan Pendidikan pada platform Rapor Pendidikan yang menjadi alat bantu utama bagi satuan pendidikan dalam memahami dan meningkatkan kualitas layanannya.
Rapor Pendidikan menggabungkan data hasil Sulingjar dengan data lainnya yang disediakan oleh Kemendikbudristek, menghasilkan laporan komprehensif yang memberikan gambaran objektif tentang kondisi kualitas layanan satuan PAUD. Dengan adanya Rapor Pendidikan, satuan PAUD dapat melakukan Identifikasi terhadap kondisi kualitas layanan satuan, mulai dari ringkasan hingga akar masalahnya.
Direktur PAUD, Komalasari dalam paparanya mengatakan setelah melakukan Identifikasi, satuan PAUD dapat melakukan Refleksi untuk menentukan aspek mana yang sudah baik dan mana yang perlu ditingkatkan. Proses Refleksi ini penting untuk menentukan prioritas perbaikan yang akan dimasukkan dalam perencanaan tahun ajaran berikutnya.
“Untuk mendorong pemanfaatan Platform Rapor Pendidikan, Kemendikbudristek khususnya Direktorat PAUD melaksanakan webinar dengan tema “Identifikasi dan Refleksi dengan Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Layanan PAUD”.
Adapun tujuan webinar ini diharapkan satuan PAUD dapat memahami pentingnya menggunakan data berbasis Rapor Pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan satuannya secara efektif dan berkelanjutan,” ujarnya. Webinar yang ditayangkan melalui chanel Youtube PAUDPEDIA ini disaksikan lebih 2700 Kepala Satuan PAUD, Guru PAUD dan Dinas Pendididikan.
Hasil Sulingjar
Pada tanggal 5 Maret 2024 lalu, hasil dari Sulingjar PAUD 2023 telah diolah dan digabung dengan sumber data lainnya oleh Kemendikbudristek dan disajikan menjadi laporan yang komprehensif tentang kondisi Satuan PAUD Anda yang kita sebut sebagai Rapor Pendidikan.
“Informasi yang disajikan dalam Rapor Pendidikan bersifat unik, artinya setiap satuan PAUD memiliki informasi yang spesifik sesuai dengan kondisi satuan PAUD masing masing, mulai dari data laporan Rapor nya hingga rekomendasi pembenahannya,” ujar Komalasari.
Melalui Rapor Pendidikan, ujarnya Satuan Pendidikan dapat mengetahui apa saja aspek kualitas layanan yang sudah berjalan dengan baik maupun yang masih perlu penguatan dalam upaya peningkatan layanan yang berkelanjutan.
“Data yang begitu berharga ini tentunya akan sangat baik bila dapat dimanfaatkan secara optimal untuk melakukan peningkatan kualitas layanan PAUD kita. Oleh karena itu Webinar ini hadir untuk mendampingi Bapak Ibu Kepala Sekolah, Pendidik, Pengawas, Penilik, dalam memanfaatkan rapor pendidikan,” paparnya.
Dijelaskan, aspek kualitas layanan yang disajikan dalam Rapor Pendidikan adalah hasil dari Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) yang merupakan evaluasi internal dan digunakan untuk melakukan Perencanaan Berbasis Data. Aspek kualitas layanan yang digunakan juga sudah selaras dengan aspek kualitas pada akreditasi yang merupakan evaluasi eksternal.
Jika siklus evaluasi internal serta perbaikan yang berkesinambungan terhadap praktik di satuan PAUD sudah berlangsung dengan terus-menerus dan mengacu kepada indikator-indikator yang ada pada rapor pendidikan, maka satuan PAUD dapat menentukan tindak lanjut yang paling tepat agar dapat mendampingi anak usia dini lebih baik lagi dan tentunya satuan PAUD pun akan
Memanfaatkan data rapor pendidikan adalah langkah awal untuk satuan pendidikan dapat melakukan peningkatan kualitas layanan. Satuan PAUD perlu melakukan Identifikasi yaitu membaca dan memaknai data rapor pendidikannya agar dapat mengetahui apa saja layanan yang sudah baik dan apa yang masih perlu ditingkatkan kualitasnya.
Informasi ini kemudian dapat ditindaklanjuti oleh satuan pendidikan untuk melakukan Refleksi yaitu menentukan fokus peningkatan layanan yang perlu dilakukan pada tahun ajaran berikutnya dan menuangkan rencana Benahinya dalam RKT, dan untuk kegiatan yang membutuhkan anggaran dapat dimasukkan dalam RKAS.
Tidak berhenti disana, perencanaan tersebut kemudian diimplementasikan dan apabila dibutuhkan dapat disesuaikan berdasarkan hasil evaluasi saat implementasinya berjalan. Dalam menjalani keseluruhan proses ini, KS tentunya perlu melibatkan warga sekolahnya agar ada rasa kepemilikan pada upaya pembenahan yang dilakukan di satuan PAUD.
“Salah satu fokus pembahasan pada sesi webinar ini adalah memanfaatkan rapor pendidikan untuk mengidentifikasi dan memahami kondisi sekolah. Seperti pendidik yang perlu memahami kondisi muridnya sebelum merencanakan pembelajaran, Kepala satuan PAUD/Pengelola dan PTKnya juga perlu memahami kondisi PAUD untuk bisa menentukan peningkatan layanan yang perlu dilakukan.,” ujar Komalasari.
Identifikasi adalah proses PAUD memahami tentang apa saja capaian dan proses yang sudah berjalan baik, dan apa yang masih perlu ditingkatkan beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rapor pendidikan adalah alat bantu yang menyajikan data utama tentang kondisi layanan satuan pendidikan. Kepala Satuan PAUD/Pengelola perlu memimpin warga PAUD untuk bersama-sama memaknai data-data yang tersaji sehingga bisa menjadi informasi berharga untuk merencanakan peningkatan yang perlu dilakukan.
Dalam Rapor Pendidikan PAUD, memuat beberapa fitur utama yaitu halaman ringkasan, halaman akar masalah, halaman inspirasi benahi dan unduhan rapor pendidikan. Mari kita lihat satu per satu Halaman ringkasan memuat capaian dari indikator prioritas dan penjelasan akar masalahnya. Akar masalah untuk setiap indikator prioritas dapat dilihat dengan menekan tombol “pelajari akar masalah”
Kemudian dalam halaman akar masalah, kita dapat melihat aspek aspek apa saja yang menjadi akar masalah dari capaian indikator prioritas kita. Akar masalah setiap satuan PAUD tentunya berbeda sesuai dengan kondisi masing-masing satuan PAUD.
Kemudian untuk membenahi akar masalah tersebut Bapak Ibu dapat melihat halaman inspirasi benahi yaitu rekomendasi program pembenahan yang ditentukan berdasarkan kebutuhan PAUD yang unik sesuai dengan hasil capaian dari satuan PAUD. Terdapat sumber belajar yang berisikan ragam materi pendukung dan tersedia referensi kegiatan RKAS yang sudah disesuaikan dengan Inspirasi Benahi jika satuan ingin menggunakan BOP. selain yang ditampilkan dalam dashboard Platform Rapor Pendidikan, sudah tersedia juga unduhan rapor pendidikan. Unduhan ini berisikan capaian rapor lengkap serta lembar PBD yang berisikan panduan penerapan siklus peningkatan layanan berkelanjutan
“Kembali saya ingatkan bahwa lembar Laporan Rapor, Rekomendasi Keseluruhan, dan Rekomendasi Prioritas akan berbeda-beda untuk setiap satuan PAUD. Jadi sangat penting untuk mengunduhnya secara langsung dari platform Rapor Pendidikan dengan akun masing-masing,” ujarnya.
Kemendikbudristek juga telah menyiapkan alat bantu bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di Platform Merdeka Mengajar untuk membantu satuan pendidikan melakukan siklus peningkatan kualitas layanan.
Alat bantu ini ditujukan bagi kepala sekolah dan dapat pula diakses oleh Pengawas Sekolah, yang berisikan:
Uraian sekolah yang kita-cita-citakan
Penjelasan tentang Siklus Peningkatan Layanan Sekolah
Panduan Singkat setiap tahapan siklus mulai dari Identifikasi, Refleksi, Benahi Perencanaan dan Benahi Implementasi
Rencana diskusi yang bisa digunakan Kepala Sekolah untuk memandu diskusi setiap tahapan bersama warga sekolah, dan;
Dokumen-dokumen penunjang yang bisa digunakan pada setiap tahapan
Selain alat bantu yang tersedia saat ini, dalam waktu dekat akan segera rilis paket alat bantu yang tersedia di PMM dan disusun khusus untuk PAUD sehingga contoh contoh yang digunakan diharapkan dapat lebih relevan untuk membantu satuan PAUD dalam melakukan peningkatan kualitas layanan. Tidak hanya itu, khusus untuk PAUD, kita juga sudah menyiapkan booklet inspirasi benahi yang dapat digunakan untuk mendampingi satuan PAUD dalam memahami inspirasi benahi yang disediakan.
Peliput Eko