Berita
Kemendikbudristek Dorong Dinas Pendidikan Berkolaborasi Susun Strategi Pendampingan Sekolah Tingkatkan Kualitas Layanan
Berita 2024-04-26 | 13:00:00
PAUDPEDIA —- Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset danTeknologi (Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek) mendorong Dinas Pendidikan segera membuat strategi pendampingan untuk satuan Pendidikan dalam melakukan upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan yang berkelanjutan.
Ditjen PDM berharap Dinas Pendidikan dapat berkolaborasi dengan semua Kepala Bidang PAUD/PNF, Dikdas, GTK yang saat ini hadir dan seluruh stakeholder termasuk juga UPT-UPT Kemdikbudristek di Daerah juga siap berkolaborasi untuk turut serta memastikan satuan pendidikan mendapatkan pendampingan untuk mencapai satuan pendidikan yang kita cita-citakan.
“Dengan demikian yang kami harapkan dengan adanya kegiatan Bimtek Pendampingan Sekolah, antara lain :
Dinas Pendidikan memahami visi Merdeka Belajar serta memahami juga bagaimana pentingnya berbagai kebijakan Merdeka Belajar saling berkait untuk mencapai satuan pendidikan yang kita cita-citakan,” ujar PIC PDM 04A Data dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Dr Lanny Anggraini dalam sambutan pembukaan Bimbingan Teknis Pendampingan Sekolah Regional 3 di Jakarta, Kamis (25/4).
Dalam laporan kegiatan, Ketua Tim Kerja Data dan Penjaminan Mutu Direktorat PAUD, Mareta Wahyuni menyebutkan sebanyak 50 pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Sekolah 2024 Regional 3 di Jakarta,
25 - 28 April 2024. Peserta Bimtek terdiri dari Kepala Bidang PAUD/PNF, Kepala Bidang Pendidikan Dasar, dan Kepala Bidang Guru, Tenaga dan Kependidikan (GTK) dari 8 Provinsi yaitu Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Kalimantan Timur. Peserta yang diundang sebanyak 150 orang peserta Bimtek.
Menurut Dr Lanny Anggraini, peran Dinas Pendidikan dan Satuan Pendidikan selain memperhatikan kompetensi peserta didik dan karakter pancasila yang menjadi tujuan utama, maka Dinas Pendidikan juga harus paham bahwa untuk mencapai tujuan tersebut didukung oleh berbagai aspek.
“Proses mencapainya dibangun dari siklus perbaikan layanan yang memberikan gambaran aktivitas satuan pendidikan secara menyeluruh, penting bagi dinas untuk mengidentifikasi dukungan konkret yang bisa dilakukan dalam proses pendampingan sekolah. Itulah mengapa nama bimtek ini adalah Bimtek Pendampingan Sekolah ini,” ujarnya.
Dikatakan, realita saat ini setiap sekolah memiliki kecepatan yang berbeda dalam mewujudkan sekolah yang kita cita-citakan melalui upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan ini karena titik berangkat dan kemampuannya beragam.
“Fokus kita bukan pada kecepatan atau jarak yang telah kita tempuh, melainkan pada komitmen bersama untuk terus bergerak maju, demi memastikan pendidikan terbaik bagi setiap peserta didik kita,” paparnya.
Dikatakan, dalam penyampaiannya kepada satuan pendidikan, perlu keselarasan pemahaman dan visi terkait upaya peningkatan kualitas layanan pendidikan, sehingga narasi komunikasi yang disampaikan oleh para pemangku kepentingan dapat saling berkesinambungan.
Dengan demikian, tegasnya setiap Dinas Pendidikan diharapkan dapat memuat narasi tersebut dalam berbagai program prioritas yang diampu agar terbentuk semangat yang sama dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan bagi satuan pendidikan dan pemerintah daerah.
Sementara itu, Panitia Bimtek Pendampingan Sekolah, Mareta Wahyuni menambahkan Kemendikbudristek menghadirkan inisiatif Merdeka Belajar untuk mendorong peningkatan kualitas layanan pendidikan agar lebih inklusif, dan berorientasi pada murid sehingga mendapatkan pembelajaran yang bermakna.
“Hingga saat ini, telah diluncurkan 26 Episode Merdeka Belajar, dimana pada setiap episodenya memuat tema yang berbeda tapi dengan satu nafas menuju peningkatan kualitas layanan pendidikan yang berkelanjutan,” ujarnya.
Pada tanggal 5 Maret 2024 lalu Kemendikbudristek telah rilis Rapor Pendidikan Tahun 2024 sebagai bagian dari Merdeka Belajar Episode 19 tentang Rapor Pendidikan, Rapor Pendidikan inilah yang menjadi pintu utama dalam melakukan peningkatan layanan secara berkelanjutan.
“Perlu saya tekankan bahwa bimbingan teknis pendampingan sekolah ini bukanlah bimbingan teknis untuk sebuah program inisiatif baru, melainkan upaya membangun pemahaman keterkaitan berbagai intervensi Merdeka Belajar untuk mencapai sekolah yang kita cita-citakan,” tutupnya.
Peliput: Eko Harsono dan Aldo
Penyunting: Eko
InfoTerkini
Wujudkan Mimpi Indonesia Emas 2045 Dengan Bergerak Bersama, Lanjutkan Gerakan Merdeka Belajar
Berita 2024-05-06 | 07:05:00
PAUDPEDIA —-- Ribuan Kepala Sekolah dan Guru Penggerak, Siswa Berprestasi, Mahasiswa Kampus Merdeka, aktivis so...
selengkapnyaDirektorat PAUD Gelar Bimtek Transisi PAUD-SD Untuk Kepsek dan Guru Penggerak dari 56 Kab/Kota di Aceh dan Sumatera Utara
Berita 2024-05-04 | 21:45:00
PAUDPEDIA —- Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui PDM-09 menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Tra...
selengkapnyaMencegah Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 13:00:00
PAUDPEDIA --- Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD Kasus diabetes pada anak mencapai 2 per 100.000 jiwa per Januari 2023. dan yang paling banyak ditemuka...
selengkapnyaMakanan Pemicu Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 09:55:00
PAUDPEDIA-- selengkapnya