Berita
Direktorat PAUD Gelar Bimtek Transisi PAUD-SD Untuk Kepsek dan Guru Penggerak dari 56 Kab/Kota di Aceh dan Sumatera Utara
Berita 2024-05-04 | 21:45:00
PAUDPEDIA —- Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui PDM-09 menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Transisi PAUD-SD untuk Penguatan Perubahan Pembelajaran sebagai langkah untuk meningkatkan pemahaman terhadap perubahan pembelajaran dari PAUD ke SD kelas awal dalam penguatan pengembangan kemampuan fondasi, dan meningkatkan pemahaman terhadap aksi konkrit dalam mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.
“Transisi PAUD-SD merupakan sebuah Proses di mana anak berpindah dari perannya sebagai peserta didik PAUD, menjadi peserta didik SD/MI. Artinya, transisi yang dialami oleh anak dari PAUD ke SD haruslah mulus, atau anak tidak perlu melakukan terlalu banyak penyesuaian sebagai akibat dari perpindahannya,” ujar Direktur PAUD, Komalasari dalam sambutan pembukaan Bimbingan Teknis Transisi PAUD-SD untuk Penguatan Perubahan Pembelajaran di Medan, Kamis (⅖).
Ketua Tim Kerja Inovasi dan Transformasi, Lestari Kusumawardhani dalam laporannya mengatakan Kegiatan Bimtek dilaksanakan selama 3 hari. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta terhadap penguatan pembelajaran transisi PAUD-SD. Peserta terdiri dari Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Penggerak Angkatan 3 dari 56 Kab/Kota di Propinsi Aceh dan Sumatera Utara.
Penyadaran dan Perubahan
Dikatakan oleh Direktur PAUD, dalam rangka melakukan penyadaran dan perubahan perilaku dari berbagai pihak yang terlibat dalam penguatan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Kemendikbudristek melalui Tim PDM-09 pada tahun 2023 telah melakukan banyak intervensi kepada seluruh lapisan masyarakat.
Kegiatan yang dilakukan mulai dari: 1) peluncuran Merdeka Belajar Episode Ke-24: Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan oleh Mendikbudristek, 2) bimbingan teknis kepada 514 Pokja Bunda PAUD, 3) rapat koordinasi bersama 514 Kepala Bidang PAUD dan Kepala Bidang SD di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, 4) bimbingan teknis dan workshop pembelajaran untuk mitra potensial Kemdikbudristek, 5) komitmen bersama 34 Bunda PAUD Provinsi dan 514 Bunda PAUD Kabupaten/Kota untuk mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, dan 6) rapat koordinasi bersama 34 BB/BPMP untuk optimalisasi pencapaian 3 target perubahan di satuan pendidikan di seluruh Indonesia.
Selain itu, lanjutnya Tim PDM-09 juga telah melakukan supervisi dan pendampingan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota untuk menggali berbagai permasalahan dan kendala yang terjadi di daerah dalam implementasi Transisi PAUD-SD di lapangan, serta merumuskan berbagai alternatif solusi. “Adapun untuk mengetahui capaian terkait 3 target perubahan, PDM 09 telah melakukan monitoring dan evaluasi di Kabupaten/Kota dengan pemilihan representatif lokus yang mewakili wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan timur,” paparnya
Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi tersebut, terdapat beberapa rekomendasi yang dirumuskan diantaranya:
- Penguatan dukungan untuk perubahan pembelajaran di SD dan PAUD
- Penguatan kapasitas PAUD dan SD Penggerak
- Penguatan kapasitas UPT untuk melakukan advokasi
- Penguatan koordinasi dengan K/L terkait
- Penguatan peran mitra dalam menginternalisasi pemahaman perubahan pembelajaran yang perlu terjadi.
Siap Sekolan 0-8 Tahun
Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan mengingatkan kita bahwa: Siap sekolah dapat terus dibangun hingga SD kelas awal karena periode usia dini yakni 0-8 tahun (sumber: UNESCO), laju perkembangan anak beragam, serta kesempatan belajar anak beragam. Siap sekolah tidak hanya calistung, namun juga kemampuan mengelola emosi, kemandirian, kemampuan membedakan baik dan benar, dan lainnya.
Transisi PAUD ke SD merupakan sebuah “Gerakan”, dan bukan “Program” karena gerakan ini dimiliki oleh seluruh pihak (masyarakat, mitra, orang tua, dan lainnya), bukan hanya Kemendikbudristek.
Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan memastikan bahwa dimanapun titik berangkat anak, mereka berhak mendapatkan hak yang sama, yaitu memiliki kemampuan fondasi agar dapat siap bersekolah dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Visi yang ingin dicapai oleh Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yaitu: Proses belajar di PAUD dan SD kelas awal yang berkesinambungan dan efektif dalam membangun kemampuan fondasi.
Untuk mencapai tujuan tersebut, terdapat tiga target perubahan yang perlu dimiliki bersama, yakni Satuan Pendidikan perlu:
- Menghilangkan tes calistung dari proses penerimaan peserta didik baru di SD. Menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD).
- Menerapkan pembelajaran yang membangun enam kemampuan fondasi anak (di PAUD dan SD).
- Bagaimana target perubahan memastikan hal tersebut dapat dilakukan.
Perubahan 1: PPDB SD
(tidak ada tes calistung untuk masuk SD)
Seluruh ekosistem pendidikan memahami bahwa proses anak untuk dapat calistung, dapat terus dibangun di SD.
Ekosistem pendidikan juga diingatkan SD adalah wajib belajar = setiap anak berhak mendapatkan pendidikan, bukan hanya anak “yang sudah bisa calistung”.
Perubahan 2: MPLS
(masa perkenalan lingkungan sekolah bagi peserta didik baru)
MPLS berisikan proses pengenalan terhadap sekolah, sehingga anak lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.
Sekolah dapat berkenalan dengan anak melalui asesmen awal, sehingga dapat merancang pembelajaran sesuai kebutuhan belajar anak.
Perubahan 3
(menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi)
Melalui target perubahan ini, sekolah didampingi agar mampu memfasilitasi pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi anak secara utuh.
Sekolah (utamanya SD) juga dikenalkan dengan cara memfasilitasi pembelajaran untuk anak usia dini.
Peliput: Awang dan Ifina
Penyunting: Eko Harsono
InfoTerkini
Peringatan Hari Buku Nasional 2024 Kesempatan Emas “Benahi Literasi dan Numerasi melalui Buku Bacaan Bermutu”
Berita 2024-05-17 | 18:00:00
Kemendikbudristek, Jakarta — Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadik...
selengkapnyaVisi Ki Hadjar Dewantara Jadikan Satuan Pendidikan Taman Bagi Anak Indonesia Diwujudkan Melalui Gerakan Transisi PAUD-SD Yang Menyenangkan
Berita 2024-05-17 | 09:45:00
PAUDPEDIA — Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan mengingatkan kita bahwa kesiapan sekolah seorang anak harus memenuhi hak anak menda...
selengkapnyaDampak Pelecehan Seksual pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-17 | 09:05:00
PAUDPEDIA— selengkapnya
62 Dinas Pendidikan Kab/Kota di Kawasan Indonesia Timur Mendapat Penguatan Kapasitas Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran
Berita 2024-05-16 | 18:25:00
PAUDPEDIA —- Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikbudristek melalui PDM 10 Pemu...
selengkapnya