GuruKreatif
Pentingnya Penilaian Perkembangan Anak
PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, penilaian perkembangan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang guru. Penilaian ini dikenal dengan istilah asesmen, artinya proses pengumpulan informasi tentang perkembangan dan pertumbuhan anak, gaya belajar dan berbagai keterampilan serta perilaku anak. Penilaian ini harus didukung oleh bukti tertentu sebelum membuat keputusan dan menentukan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak. Oleh karena itu hendaknya mulai dilakukan dari awal sebelum guru memberikan program pembelajaran. Adapun tujuan penilaian ini yaitu:
- Hasil penilaian dapat menjadi rekomendasi guru dalam menempatkan anak sesuai kelompok dan kebutuhannya. Contoh: menempatkan anak pada kelompok usia dan tahapan perkembangan yang sama, kemudian membaginya kedalam aktivias pembelajaran berdasarkan minat masing-masing, seperti kegiatan menggambar untuk anak yang menyukai menggambar, kelompok tari bagi anak yang memiliki kecerdasan kinestetik yang bagus dan lain sebagainya.
- Melalui penilaian, guru dapat mengetahui permasalahan dan kesulitan yang dihadapi anak, misalnya ada anak yang mengalami hambatan dalam kemampuan bicara, sehingga dari hal tersebut guru dapat merencanakan dan menyusun program pembelajaran yang tepat untuk menstimulasi kemampuan tersebut.
- Evaluasi bagi guru dan satuan PAUD, baik kurikulum, program sarana prasaranan dan lain sebagainya, artinya penilaian ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk mengetahui keefektifan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Contoh: mengetahui keefektifan penggunaan media dan strategi pembelajaran yang telah digunakan.
- Mengetahui perkembangan anak selama proses pembelajaran, yaitu mengetahui sejauhmana perkembangan aspek kognitif anak, bahasa, sosial emosional, fisik motorik, seni, nilai agama dan moral.
Baca juga :
Dengan demikian penilaian dilakukan tidak hanya sekadar untuk membuat laporan kepada orang tua, tetapi Sobat PAUD dapat mengetahui minat, tingkat kemampuan anak dan berbagai gambaran perkembangan anak. Oleh karena itu sebaiknya guru mampu memahami karakter anak selama aktivitas pembelajaran, apa yang mereka butuhkan untuk mengoptimalkan perkembangan mereka dan kemudian memberikan program pembelajaran yang sesuai untuk mereka.
Penulis: Ifina Trimuliana, M. Pd
Kurator: Dona Paramita, M. Pd
Referesi
Hapidin. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ.
2021-03-02 | 05:17:49
InfoTerkini
Mencegah Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 13:00:00
PAUDPEDIA --- Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD Kasus diabetes pada anak mencapai 2 per 100.000 jiwa per Januari 2023. dan yang paling banyak ditemuka...
selengkapnyaMakanan Pemicu Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 09:55:00
PAUDPEDIA-- selengkapnya