GuruKreatif
PAUD Berkualitas
PAUDPEDIA – Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jenjang pendidikan dengan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Layanan PAUD dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, non-formal, dan informal.
Layanan PAUD sangat penting untuk memastikan anak dapat mengoptimalkan diri di usia emas pertumbuhannya, baik secara kognitif, motorik, maupun psikologis. Namun demikian, masih kerap ditemui perbedaan persepsi dan miskonsepsi yang berkembang di tengah masyarakat mengenai layanan PAUD yang berkualitas, sehingga menghasilkan respon dan tingkat dukungan publik yang berbeda-beda.
PAUD berkualitas dapat dilihat berdasarkan kualitas proses pembelajaran
Kualitas pendidikan yang diberikan di PAUD sejatinya tidak terpaku pada fasilitas sarana prasarana, melainkan terletak pada kualitas proses pembelajarannya. Hal ini yang menjadi dasar untuk menjamin manfaatnya dapat dirasakan oleh mereka yang berpartisipasi di satuan PAUD.
Setidaknya ada tiga hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui apakah sebuah layanan PAUD berkualitas.
Pertama; adanya kegiatan pembelajaran yang beragam dan dilakukan melalui cara yang sesuai untuk anak usia dini, yaitu melalui bermain. Bermain dan belajar mampu menumbuhkan motivasi intrinsik untuk belajar sehingga anak lebih bersemangat untuk beradaptasi dan mempelajari hal-hal baru. Di sisi lain, bermain juga termasuk upaya mengasah kemampuan pra-literasi dan pra-numerasi yang dapat dilakukan melalui kegiatan membaca buku bacaan kepada anak.
Kedua; kegiatan pembelajaran harus bersifat kontekstual dan bermakna bagi anak. Kegiatan pembelajaran perlu dikaitkan dengan pengalaman anak, serta meningkatkan kompetensi dirinya untuk dapat berperan dalam kegiatan mereka sehari-hari. Materi pembelajaran pun perlu dibuat selaras dengan nilai sosial budaya lingkungan agar menumbuhkan kesadaran bagi anak bahwa dirinya adalah bagian dari lingkungannya.
Ketiga; membangun interaksi positif antara pendidik dengan sang anak, tidak terjadi hukuman fisik, dan komunikasi yang kasar terhadap anak. Seperti yang kita ketahui bersama, pembelajaran satu arah dan dilakukan dengan metode drilling bukanlah pembelajaran berkualitas karena berpotensi menimbulkan dampak negatif pada anak. Dengan demikian, pengajar tidak boleh memaksakan kehendak sendiri dalam proses pembelajaran, tetapi harus disesuaikan dengan karakteristik dan kemampuan masing-masing anak.
Adanya kerja sama dengan orang tua dan pemantauan kebutuhan layanan esensial (layanan yang holistik dan integratif)
Kemitraan dengan orang tua merupakan kunci layanan PAUD berkualitas. Periode seorang anak mengikuti kegiatan di satuan PAUD umumnya pendek atau terbatas, sehingga satuan dan orang tua perlu menjadi mitra atau saling bekerjasama agar anak mendapatkan stimulasi secara berkesinambungan. Peran orang tua diharapkan dapat turut memantau pemenuhan kebutuhan layanan esensial usia dini di luar pendidikan, melalui kemitraan dengan masyarakat.
Berbeda dengan jenjang pendidikan lain, ekosistem satuan PAUD bersifat terbuka karena sudah sejak lama disadari bahwa anak usia dini memerlukan layanan di luar pendidikan (holistik) agar dapat bertumbuh kembang secara utuh. Maka pemenuhan kebutuhannya pun memerlukan kemitraan lintas unit (integratif).
Kewajiban utama dari satuan PAUD yang diampu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) adalah menyediakan layanan pendidikan yang berkualitas. Namun lebih jauh, satuan PAUD juga dapat menjadi wadah pemberian layanan pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang anak, termasuk kesehatan dan gizi, serta pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan esensial yang perlu didukung oleh kementerian/lembaga pemerintah lainnya seperti Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan lain-lain, sesuai amanat Perpres No. 60 tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUDHI).
Baca juga :
PAUD berkualitas didasari oleh tata kelola layanan yang baik
Satuan PAUD berkualitas pada hakikatnya memiliki tata kelola layanan yang baik. Mari kita kenali hal-hal apa saja yang mencirikan tata kelola yang baik, dimana misi dan prinsip-prinsip PAUD berkualitas selaras dengan implementasinya.
Pertama; kepala satuan/pengelola PAUD beroperasi dengan menggunakan dokumen perencanaan satuan yang meliputi visi dan misi satuan, rencana kegiatan satuan, serta kalender pendidikan yang jelas. Terdapat kejelasan struktur organisasi, serta prosedur operasional standar yang mengatur setidaknya tentang penerimaan peserta didik dan rencana pembelajaran. Juga terdapat dokumen keuangan yang menunjukkan akuntabilitas satuan dalam mengelola sumber dayanya, termasuk dalam melengkapi Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Biaya Operasional Penyelenggaraan (BOP)-nya juga dirancang sedemikian rupa demi memenuhi kriteria penyelenggaraan layanan pendidikan.
Kedua; terpenuhinya sarana prasarana esensial yang mendukung hadirnya iklim belajar yang aman dan nyaman. Mulai dari keamanan bangunan, kelayakan ruang, hingga fasilitas sanitasi yang memadai.
Ketiga; kepala satuan/pengelola PAUD memiliki sistem pengembangan pendidik untuk dapat terus melakukan refleksi dan perbaikan pembelajaran.
Keempat; untuk mencapai kondisi-kondisi ideal di atas, satuan PAUD berkualitas mendorong kemitraan trisentra pendidikan melalui serangkaian komunikasi dan kegiatan yang bertujuan untuk menjalin pemahaman bahwa seluruh pihak di dalam satuan PAUD (pendidik, pengelola, orang tua/wali, anak, dan pemangku kepentingan lain) adalah satu kesatuan ekosistem (whole-school approach) yang memiliki dan mendukung visi-misi satuan (salah satunya untuk menguatkan jati diri anak sebagai bagian dari lingkungannya).
Kelima; satuan yang berkualitas menunjukkan tertib administrasi yang baik. Dibuktikan dengan data yang lengkap dan rapi di dalam sistem DAPODIK (Data Pokok Pendidikan).
Keenam; satuan PAUD tersebut bersifat inklusif. Inklusifitas terhadap ragam latar belakang kondisi kebutuhan anak merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab bersama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat terhadap proses pendidikan anak dalam berbagai situasi. Hal ini sangatlah penting agar tercapai sinergi positif antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk menginisiasi berbagai kegiatan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak.
Sehingga dengan menggerakkan semua instrumen serta menjalankan hal-hal di atas, dapat terwujud lingkungan satuan pendidikan yang aman, nyaman, dan menyenangkan, sehingga setiap anak memperoleh layanan dan pembelajaran terbaik serta bermakna.
Penulis : Ifina Trimuliani M.Pd
Foto : Awang
2021-06-08 | 11:16:43
InfoTerkini
Mencegah Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 13:00:00
PAUDPEDIA --- Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD Kasus diabetes pada anak mencapai 2 per 100.000 jiwa per Januari 2023. dan yang paling banyak ditemuka...
selengkapnyaMakanan Pemicu Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 09:55:00
PAUDPEDIA-- selengkapnya