GuruKreatif
Format Ceklis pada Penilaian Perkembangan Anak
PAUDPEDIA—Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, pengamatan atau observasi merupakan teknik penilaian yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan lembar observasi, catatan menyeluruh, jurnal, dan rubrik. Hasil penilaian perkembangan anak harus didokumentasikan menggunakan beberapa teknik: pengamatan/observasi, percakapan, penugasan, unjuk kerja, penilaian hasil karya, dan pencatatan anekdot.
Untuk memudahkan guru dalam melakukan pencatatan penilaian maka dipilihlah tiga teknik yang paling memungkinkan dilakukan guru yaitu ceklis, catatan anekdot dan penilaian hasil karya. Saat anak melakukan berbagai kegiatan, guru dapat mengamati segala hal yang dilakukan anak ataupun diucapkan anak, termasuk ekspresi wajah, gerakan, dan karya anak. Pada proses pengamatan, guru juga melakukan pencatatan sebagai bukti sekaligus pengingat terhadap segala hal yang diamatinya. Teknik yang digunakan dalam melakukan pencatatan dapat berupa ceklis, catatan anekdot dan hasil karya.
Baca juga :
Ceklis adalah cara menandai ketercapaian indikator tertentu dengan tandatanda khusus. Tanda-tanda khusus dapat berupa tanda centang, huruf, simbol tertentu, dll. Tetapi dalam implementasi penilaian, tanda ceklis menggunakan huruf seperti tertuang berikut ini: Ada empat skala, yaitu :
BB (Belum Berkembang), bila anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru.
MB (Mulai Berkembang), bila anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru.
BSH (Berkembang Sesuai Harapan), bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dapat konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru.
BSB (Berkembang Sangat Baik), bila anak sudah dapat melakukannya secara mandiri dan sudah dapat membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai dengan indikator yang diharapkan.
CONTOH
Contoh perilaku anak pada tingkat kemampuan “berdoa sebelum belajar” :
- BB : Bila anak berdoa sebelum belajar, baik lafal doa maupun sikapnya masih harus mendapatkan bimbingan dan/atau dicontohkan oleh guru.
- MB : Bila anak berdoa sebelum belajar, baik lafal doa maupun sikapnya masih harus diingatkan oleh guru: ”Nia, kita berdoa dulu. Bagaimana sikap berdoanya?”
- BSH : Bila anak berdoa, baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten tanpa harus diingatkan oleh guru lagi.
- BSB : Bila anak berdoa, baik lafal doa maupun sikapnya sudah dimunculkan secara utuh, mandiri, dan konsisten serta dapat mengingatkan temannya.
CONTOH CEKLIS PER KELAS
Format Skala Capaian Perkembangan Harian
Kelompok: TK A
Minggu : 1 Bulan : September
LP |
Indikator Capaian Perkembangan |
Fikar |
Annisa |
Muliana |
Tri |
dst |
NAM |
Menyebutkan naman Tuhan sesuai agamanya secara sederhana |
BSH |
BSH |
MB |
BSB |
|
FM |
Melakukan berbagai gerakan, terkoordinasi secara terkontrol, seimbang dan lincah |
|
|
|
|
|
Kog |
Mengenal benda dengan dengan menghubungkan satu benda dengan benda lainnya |
|
|
|
|
|
Bahasa |
Melaksanakan perintah dengan lebih kompleks sesuai dengan aturan yang disampaikan |
|
|
|
|
|
Sosem |
Mengambil keputusan dan melakukan pekerjaan secara mandiri |
|
|
|
|
|
Seni |
Membuat karua seni sesuai kreativitasnya |
|
|
|
|
|
CONTOH CEKLIS PER ANAK
Format Skala Capaian Perkembangan Harian
Minggu : 1 Kelompok : TK A
Nama Anak: Fikar Bulan : September
LP |
Indikator Capaian Perkembangan |
BB |
MB |
BSH |
SBS |
NAM |
Menyebutkan naman Tuhan sesuai agamanya secara sederhana |
|
V |
|
|
FM |
Melakukan berbagai gerakan, terkoordinasi secara terkontrol, seimbang dan lincah |
|
|
V |
|
Kog |
Mengenal benda dengan dengan menghubungkan satu benda dengan benda lainnya |
V |
|
|
|
Bahasa |
Melaksanakan perintah dengan lebih kompleks sesuai dengan aturan yang disampaikan |
|
|
V |
|
Sosem |
Mengambil keputusan dan melakukan pekerjaan secara mandiri |
|
|
|
V |
Seni |
Membuat karua seni sesuai kreativitasnya |
|
V |
|
|
Untuk memudahkan guru mencatat capaian perkembangan anak, maka ceklis dapat dikembangkan sesuai kesepakatan antar guru di lembaga dengan mempertimbangkan kebutuhan, kesiapan, dan efi siensi.
Penulis : Ifina Trimuliana, M. Pd
Foto : Awang
Referensi
Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.2018. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini
2021-03-15 | 05:05:48
InfoTerkini
Mencegah Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 13:00:00
PAUDPEDIA --- Ayah, Bunda, dan Sobat PAUD Kasus diabetes pada anak mencapai 2 per 100.000 jiwa per Januari 2023. dan yang paling banyak ditemuka...
selengkapnyaMakanan Pemicu Diabetes pada Anak Usia Dini
Ruang Artikel 2024-05-03 | 09:55:00
PAUDPEDIA-- selengkapnya