Berita
PDM-09 Gelar Bimtek Pokja Bunda PAUD, Satuan PAUD dan SD Masih Perlu Penguatan Pembelajaran Bangun Enam Fase Fondasi
Berita 2024-06-20 | 08:30:00
PAUDPEDIA — Data hasil monitoring dan evaluasi menunjukkan bahwa sebagian besar satuan PAUD dan SD masih perlu mendapatkan penguatan dalam penerapan pembelajaran yang membangun 6 (enam) kemampuan fondasi. Untuk itu, Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek melalui PDM-09 menilai perlu memberikan sosialisasi dan penguatan kepada Pokja Bunda PAUD melalui kegiatan Bimbingan Teknis Transisi PAUD-SD.
“Bimbingan Teknis Penguatan Perubahan Pembelajaran untuk Pokja Bunda PAUD diharapkan dapat memberikan pembekalan dalam mengadvokasi implementasi perubahan pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi anak kepada stakeholder, khususnya satuan SD di wilayahnya masing-masing,” ujar Direktur PAUD, Komalasari M.Pd ketika membuka Bimtek Penguatan Perubahan Pembelajaran untuk Pokja Bunda PAUD Batch ke 2 di Surabaya, Rabu (19/6).
Dikatakan, hasil yang diharapkan dari kegiatan Bimbingan Teknis Pokja Bunda PAUD untuk Penguatan Perubahan Pembelajaran adalah:
- Pemahaman dari Pokja Bunda PAUD tentang perlunya perubahanpembelajaran dari PAUD ke SD kelas awal untuk penguatan pengembangan kemampuan fondasi
- Pesan dan rencana advokasi melalui forum komunikasi PAUD-SD.
- Rencana kerja Pokja Bunda PAUD yang memuat aksi konkrit dalam mendukung gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.
Sasaran kegiatan Bimbingan Teknis Pokja Bunda PAUD untuk Penguatan Perubahan Pembelajaran berasal dari unsur Pokja Bunda PAUD Provinsi, Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota, Direktorat PAUD, Direktorat SD, Direktorat Guru PAUD dan DIKMAS. Direktorat Guru Dikdas, Puskurjar, Pusbuk, Tim konsultan PDM 09, BBPMP/BPMP, BBGP/BGP. Bimtek Pokja Bunda PAUD dilakukan 19 - 22 Juni 2024.
Dijelaskan oleh Direktur PAUD, dalam rangka melakukan penyadaran dan perubahan perilaku dari berbagai pihak yang terlibat dalam penguatan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan, Kemendikbudristek melalui Tim PDM-09 pada tahun 2023 telah melakukan banyak intervensi kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari Dinas Pendidikan, Bunda PAUD dan Pokja Bunda PAUD, mitra, satuan pendidikan, serta orang tua.
“Sebagai tindak lanjut gerakan di tahun 2023 mengacu pada hasil monitoring dan evaluasi, maka perlu melakukan optimalisasi percepatan 3 target perubahan di satuan pendidikan di seluruh Indonesia khususnya target perubahan 3 yaitu penguatan perubahan pembelajaran,” ujarnya. Menurut Direktur PAUD, sudah menjadi hak seorang anak untuk mendapatkan fase fondasi yang baik sehingga mereka mempunyai kematangan sosial, emosinal kemampuan literasi dan numerasi latar serta kemampuan dasar lainnya sehingga mereka siap menjadi pembelajar yang baik di sekolah kelak.
“Kemampuan fondasi ini sangat berkaitan dengan pengalaman lingkungan dan budaya bagi seorang anak dengan tetap memperhatikan setiap hak anak terutama hak belajar sambil bermain. Membangun kemampuan fondasi ini merupakan bentuk pengenalan pertama anak terhadap nilai-nilai baik yang akan menjadi fondasi karakter anak kelak,” paparnya Adapun 6 kemampuan fondasi anak usia dini tersebut adalah:
Mengenal Nilai Agama dan Budi Pekerti
Untuk membantu anak dalam mengenal agama dan budi pekerti bisa distimulasi dengan pengenalan konsep Tuhan Yang Maha Esa dan mengetahui kegiatan ibadah sesuai dengan agama masing-masing dan membantu anak agar dapat menjalin pertemanan dengan teman-teman sebayanya baik yang memiliki agama yang sama maupun dengan teman yang berbeda agama.
Keterampilan Sosial dan Bahasa
Fondasi ini dapat mentimulasi kemampuan sosial dan bahasa anak dengan memberikan contoh dalam mengucapkan kalimat tolong, terima kasih dan maaf saat berinteraksi dengan anak, serta penempatan dari masing-masing kata tersebut.
Kematangan Emosi
Untuk mentimulasi kematangan emosi anak, dapat mengajarkannya tentang toleransi dalam menunggu dan membantu anak dalam mempertahankan perhatian penuh saat mengikuti kegiatan di dalam kelas--kemampuan mengikuti kegiatan kelas ini dapat dilihat saat anak sedang mengikuti kegiatan di sekolah.
Pemaknaan Terhadap Belajar Positif
Beberapa hal yang menjadi tanda bahwa anak telah memiliki kesan positf terhadap proses belajar adalah senangnya anak untuk datang ke sekolah, anak juga tidak pantang menyerah dan mau mencoba kembali setiap kesalahan yang ia kerjakan, serta anak telah menunjukkan keingintahuan dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
Keterampilan Motorik dan Perawatan Diri
Fondasi ini bisa mentimuliasi anak agar mereka mampu mengelolah barang-barangnya sendiri untuk dibawa ke sekolah--dengan mengetahui barang miliknya dan membereskannya sendiri, serta mampu menjaga kebersihan dirinya sendiri.
Kematangan Kognitif untuk Mengikuti Kegiatan Pembelajaran
Anak yang telah memiliki kematangan kognitif ditandai dengan kemampuan menyimak dan menyampaikan gagasan dengan baik, anak juga mampu menyadari hubungan antara angka dengan huruf serta kata dan bilangan, anak juga telah mampu menghitung jumlah benda serta memahami konsep waktu (sekarang, nanti, kemarin, hari ini, besok, lama, sebentar, pagi, siang dan malam).
Peserta Bimtek Pokja Bunda PAUD ini dihadiri oleh:
- Pokja Bunda PAUD Prov.Jawa Barat,
- Pokja Bunda PAUD Prov.Jawa Timur
- Pokja Bunda PAUD Prov.Sulawesi Selatan
- Pokja Bunda PAUD Prov.Sulawesi Barat
- Pokja Bunda PAUD Prov.Gorontalo, Pokja Bunda PAUD Prov.Sulawesi Tenggara
- Pokja Bunda PAUD Prov.Sulawesi Utara,
- Pokja Bunda PAUD Prov.Sulawesi Tengah
- Pokja Bunda PAUD Prov.Maluku, Pokja Bunda PAUD Prov.Maluku Utara
- Pokja Bunda PAUD Prov.NTT, Pokja Bunda PAUD Prov.Bali Pokja Bunda PAUD Prov.NTB,
- Pokja Bunda PAUD Prov.Banten
- Pokja Bunda PAUD Prov.Papua
- Pokja Bunda PAUD Prov.Papua Barat
- Pokja Bunda PAUD Prov.Papua Tengah
- Pokja Bunda PAUD Prov.Papua Pegunungan
- Pokja Bunda PAUD Prov.Papua Selatan
- Pokja Bunda PAUD Prov.Papua Barat Daya
- Pokja Bunda PAUD Prov.D.I.Yogyakarta
- Pokja Bunda PAUD Prov.Jawa Tengah Pokja Bunda PAUD Prov.Sumatera Utara.
Peliput Eko Harsono dan Awang