Berita
47 Kab/Kot di 15 Provinsi Mendapat Advokasi Pemulihan Pembelajaran dan Penguatan Literasi Numerasi Jenjang PAUD
Berita 2024-06-25 | 14:45:00
PAUDPEDIA — Sebanyak 47 Kabupaten dan Kota dari 15 Provinsi yang menjadi wilayah sasaran intervensi pemulihan pembelajaran mendapat dukungan advokasi dan penguatan literasi serta numerasi jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
“Kegiatan ini merupakan salah satu aksi tindaklanjut dari kegiatan Penguatan Kapasitas Pemda yang telah dilaksanankan bulan lalu dengan tujuan akhir adanya pengimbasan strategi dan program pemulihan pembelajaran melalui penguatan literasi dan numerasi oleh Komunitas Belajar di daerah,” ujar Ketua Tim Kerja Kemitraan dan Advokasi Direktorat PAUD Kemendikbudristek, Soripada Harahap, S.Kom, MM di Jakarta, Senin (24/6).
Oleh karena itu, lanjut Soripada Harahap, Direktorat PAUD melalui Pokja Kemitraan dan Advokasi memandang perlu melaksanakan kegiatan “Advokasi Pemulihan Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi dan Numerasi Jenjang PAUD” yang berlangsung di Jakarta, Senin - Kamis (24 - 27/6).
Dalam sambutanya, Direktur PAUD, Komalasari M.Pd mengatakan sejak bulan April hingga Mei 2024, PDM10 bersama satuan kerja di bawah Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen telah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah dalam Pemulihan Pembelajaran melalui Penguatan Literasi dan Numerasi (Bimtek) yang mengundang, mendampingi dan mendorong Pemerintah Daerah - dalam hal ini Dinas Pendidikan - untuk mengakselerasi upaya pemulihan pembelajaran di daerah untuk semua jenjang.
“Patut untuk disyukuri karena kegiatan ini juga didukung oleh Kementerian Dalam Negeri yang memiliki perhatian besar untuk peningkatan literasi dan numerasi di seluruh Indonesia,” ujar Direktur PAUD.
Dikatakan, dalam upaya pemulihan pembelajaran, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meluncurkan beberapa kebijakan melalui 26 episode Merdeka Belajar serta melakukan berbagai langkah strategis, salah satunya adalah melalui penyelenggaraan program Pemulihan Pembelajaran melalui Penguatan Literasi dan Numerasi, yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen untuk semua jenjang satuan Pendidikan di 514 dinas pendidikan di 36 provinsi, serta khusus untuk jenjang PAUD yang mendapatkan hibah buku pada tahun 2022. Tujuan Advokasi Pemulihan Pembelajaran. Disebutkan oleh Soripada Harahap tujuan Kegiatan Advokasi Pemulihan Pembelajaran Melalui Penguatan Literasi dan Numerasi Jenjang PAUD, yaitu:
- Meningkatkan kapasitas peserta agar mampu melaksanakan dan mengoptimalkan diseminasi program pemulihan pembelajaran melalui penguatan literasi dan numerasi
- Meningkatkan pemahaman peserta atas tantangan utama dalam penguatan literasi dan numerasi pada satuan pendidikan di daerah serta alternatif solusinya, termasuk dalam hal:
- Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Penguatan Literasi dan Numerasi,
- Pembudayaan Refleksi dan Perbaikan Pembelajaran oleh Guru,
- Penguatan kepemimpinan Instruksional di Satuan Pendidikan, d Membangun jejaring Pendukung Peningkatan Mutu Pendidikan.
- Meningkatkan pemahaman peserta atas dukungan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dari pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi peserta didik, Mendampingi peserta dalam menyusun rencana tindak lanjut dalam pengimbasan strategi dan program pemulihan pembelajaran melalui penguatan literasi dan numerasi
Dikatakan, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah menguatnya pemahaman peserta tentang materi-materi advokasi ini dan pada akhirnya diharapkan adanya peningkatan pemahaman peserta untuk memberikan dukungan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dari pemerintah daerah dan pemangku kepentingan dalam meningkatkan kecakapan literasi dan numerasi peserta didik.
“Serta adanya rencana tindak lanjut dalam pengimbasan strategi dan program pemulihan pembelajaran melalui penguatan literasi dan numerasi pada komunitas belajar di masing-masing daerah,” ujar Soripada.
Peliput Eko Harsono dan Galih Satria